h1

Flock: The Social Web Browser

11 November 2007

Flock

Udah pada pernah liat? Ato mungkin baru denger? Gakpapa, yang penting itu bukan baru tau atau nggaknya.. Sesuatu yang harus kalian lakukan adalah mencobanya!

Pertama kali gua liat kata ‘Flock’ itu ada di websitenya zotero, apalagi bersamaan dengan Firefox dan Netscape Navigator, yang pertama terlintas adalah gue harus cobain nih browser! Terbukti waktu gua ikutin tuh URL, gua menemukan sebuah website yang cukup keren, dengan desain grafis yang mantap.. Sebelum bernavigasi lebih lanjut, sebenernya yang kepikiran dari website ini dan clue-clue yang udah gua punya mengarah ke satu kesimpulan: Flock adalah turunan Mozilla!

Tanpa keraguan lagi, gua langsung download installer flock dari tempat bercokolnya langsung: Flock.com

Flock Snapshot

Dari hasil penjajalan gua.. Flock tuh punya beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan kakaknya alias Firefox. Dan sampe sekarang, kekurangannya masih sebanding koq dengan kelebihan yang ditawarkan.. Flock sebagai ‘The Social Web Browser’, atau gua lebih suka menyebutnya ‘The Next-Gen Firefox’ punya fitur-fitur menarik yang pasti disenengin sama pecinta Net-Socialization (istilah yang gua bikin-bikin sendiri Lol).

Fitur pertama yang menarik perhatian gua adalah about:myworld. Dalam start page-nya ini, Flock menyertakan banyak RSS feeds dan favorite links, ditambah lagi beberapa menu untuk menuju ke fitur-fitur lain Flock yang user-friendly dan cocok banget buat orang-orang yang berjiwa muda.

Fitur kedua yang asik adalah fungsi manajemen account untuk beberapa web site social. Fitur tersebut muncul dalam sebuah toolbar baru yang sejajar dengan bookmarks di bawah address bar. Fungsi yang bisa kita jalankan dari toolbar ini adalah:

  • People Sidebar
    Sidebar yang satu ini merupakan media yang memudahkan kita untuk mengakses empat web site keren, yaitu Facebook, Flickr, Twitter, dan YouTube.
  • Media Bar
    Bar yang bakal muncul di atas halaman yang sedang kita navigasi ini bakal menunjukkan karya-karya keren dari user Flickr dengan aspek rasio 1:1. Walaupun agak menghalangi pandangan kita dalam bernavigasi, jika kita buka bar ini tentunya, foto-foto indah yang terpampang di sana akan membuat kita tersenyum dan melanjutkan browsing dengan menggeser-geser ke kanan foto-foto keren tersebut..
  • Accounts and Services Sidebar
    Sidebar ini bakal ngebantu kita buat login ke beberapa website pilihan Flock, sehingga mempermudah akses kita. Sayangnya, sebaiknya tidak digunakan di shared computer..Grin
  • Web Clipboard
    Drag and drop teks, link atau gambar ke sidebar ini, dan kau akan mendapatkannya menempel di Clipboard. Clipboard ini membantu kita mendapatkan hal-hal tersebut tanpa menyimpannya secara permanen sebagai file di harddisk.
  • Blog Editor dan Photo Uploader
    Kedua fitur ini sangat memudahkan kita untuk menulis blog dan mengupload foto secara langsung tanpa harus membuka web site yang dituju terlebih dahulu. Syaratnya, web site yang dituju ada dalam Accounts and Services Sidebar.

Selain kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, ternyata Flock juga punya sedikit kekurangan: Flock membutuhkan resources yang lebih besar! Di beberapa komputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama (nggak selama itu koq Wink) hehehe… Sesuatu yang harus dibayar untuk fitur-fitur yang begitu user-friendly. Skin Flock pun saat ini masih terbatas, tapi jangan khawatir, perkembangannya bakal sepesat Firefox koq!

Jadi kesimpulannya, ayo coba Flock, fellas! Just click on the Flock’s banner up there.
Flock is the New-Generation Firefox.. A worthy stuff to use!

Leave a comment